Visi Sekolah

“MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG BERIMAN, BERKARAKTER, BERPRESTASI, BERBUDAYA, DAN CINTA LINGKUNGAN.“

Misi Sekolah

Misi SMP Negeri 9 Banjar dijabarkan melalui:

  1. Menciptakan pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai agama, penumbuhan budi pekerti, beriman dan bertaqwa.
  2. Mengembangkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui budaya baca, beretika dan berprilaku dalam kehidupan sekolah.
  3. Meningkatkan prestasi siswa melalui pembelajaran yang inovatif, menyenangkan dan memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler.
  4. Menumbuhkembangkan budaya pelestarian, dan pencegahan kerusakan lingkungan.
  5. Menumbuhkembangkan peserta didik cinta kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.
  6. Meningkatkan potensi tenaga pendidik dan kependidikan yang kreatif, inovatif.

    Tujuan Sekolah

    1. Terwujudnya pendidikan dan pelayanan yang mengembangkan nilai-nilai agama, penumbuhan budi pekerti, iman dan bertaqwa.
    2. Terwujudnya karakter peserta didik melalui budaya baca, beretika dan berprilaku dalam kehidupan sekolah.
    3. Meningkatnya prestasi siswa melalui pembelajaran yang inovatif, menyenangkan dan memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler.
    4. Terciptanya budaya pelestarian, dan pencegahan kerusakan lingkungan.
    5. Terwujudnya kelas dan lingkungan nyaman untuk belajar, asri, bersih, dan rapi.
    6. Meningkatnya potensi tenaga pendidik dan kependidikan yang kreatif, inovatif.

    Sekilas Tentang SMP Negeri 9 Banjar

    SMP Negeri 9 Banjar terletak di Jalan Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat dan berada di sebelah selatan pusat Kota serta di apit oleh dua gunung yaitu gunung sangkur dan gunung babakan. Animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah ini sangat tinggi. Hal ini terlihat dari setiap siswa dari Sekolah Dasar yang jumlahnya sekitar 6 buah SD di Wilayah Desa Batulawang hampir 90 % masuk ke SMP Negeri 9 Banjar sehingga banyak jumlahnya siswa SMP Negeri 9 Banjar tergantung banyaknya jumlah siswa di setiap SD yang ada di lingkungan SMP Negeri 9 Banjar.

    SMP Negeri 9 Banjar sangat potensi untuk dikembangkan menjadi sekolah yang lebih baik lagi dan banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan tersebut, di antaranya kondisi sosial, ekonomi, politik, keamanan, kemajuan IPTEK, dan budaya.

    Kondisi sosial orang tua murid dan masyarakat di sekitar SMP Negeri 9 Banjar sangat beragam baik latarbelakang keluarga, agama, status sosial kemasyarakatan, maupun tingkat pendidikan. Kondisi sosial yang heterogen ini sangat berpengaruh dalam menentukan suatu kebijakan atau suatu keputusan.

    Kondisi ekonomi orang tua peserta didik SMP Negeri 9 Banjar mayoritas berasal dari golongan ekonomi menengah kebawah, dengan latar belakang pekerjaan yang sangat variatif, seperti karyawan swasta, karyawan BUMN, PNS, TNI, dan buruh harian pabrik karena SMP Negeri 9 Banjar berada di lingkungan Pabrik Perkebunan PTPN Batulawang VIII. Sehubungan dengan kondisi ekonomi tersebut, pihak sekolah relatif sulit dalam menggalang partisipasi masyarakat untuk mendukung berbagai program sekolah.

    Kondisi politik di Negara Republik Indonesia juga berpengaruh terhadap perkembangan SMP Negeri 9 Banjar, karena setiap kebijakan pemerintah maupun daerah baik langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh bagi kebijakan sekolah.

    Kondisi keamanan SMP Negeri 9 Banjar sangat kondusif, relative stabil dan terkendali, tidak pernah terjadi perkelahian pelajar, apalagi penyalah gunaan narkoba. Hal ini disebabkan adanya kesadaran yang tinggi dari seluruh warga sekolah dan lingkungan sekolah.

    Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi dalam era globalisasi maka penggunaan IPTEK merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi baik oleh guru maupun peserta didik di SMP Negeri 9 Banjar. Tuntutan kurikulum 2013 seluruh komponen sekolah terutama tenaga PTK, maka sekolah berupaya semaksimal mungkin menyediakan berbagai fasilitas penunjang.

    Kondisi budaya peserta didik SMP Negeri 9 Banjar dilatarbelakangi oleh keaneka ragaman budaya yang berasal dari berbagai suku, agama, adat istiadat orang tua peserta didik yang pluralistic sangat mempengaruhi perkembangan sekolah. Oleh sebab itu, setiap kebijakan dalam mengembangkan budaya dibutuhkan sikap arif dan bijaksana agar peserta didik dapat menyesuaikan diri dan tidak menimbulkan gejolak ketidakharmonisan semua warga sekolah.

    Berdasarkan hal-hal tersebut wajarlah kalau warga SMP Negeri 9 Banjar selalu berusaha menjadikan sekolah ini sebagai lembaga pendidikan yang dicintai masyarakat karena didikan dan ajarannya, serta berkeinginan menjadikan SMP Negeri 9 Banjar sebagai sekolah terbaik.

    Pergantian Kepala Sekolah

    2010 - 2011

    Wawat Rahayu H. S.Pd., M.Pd.

    2011 - 2020

    Guntur Nugraha, S.Pd., M.Pd

    2020 - Sekarang

    Drs. Usep Romli, M.Pd.

    Identitas Sekolah

    1. Nama Sekolah : SMP NEGERI 9 BANJAR
    NSS / NPSN : 204021420084 / 20225266
    Alamat : Jl. Desa Batulawang, Dsn Cimanggu RT/RW. 08/02, Desa Batulawang, Kec. Pataruman, Kota Banjar - Jawa Barat 46326
    No. Telp. : -
    2. Tahub Didirikan / Tahun Beroprasi : 1985
    Tahun Penegrian : 2010
    Status Sekolah : Negeri
    SK Penegrian (No. / Tgl.) : 139/Kpts.136-Disdik/2010  /  02 Juli 2010
    Akreditasi Sekolah : A
    SK Akreditasi (No. / Tgl.) : 02.00/151/BAP-SM/SK/XI/2015  /  12 November 2015
    3. Kepemilikan Tanah : a. Hak Guna Pakai PTPN VIII Batulawang
    b. Milik Pemerintah
    a. Luas Tanah / Status : a. 7.400 m2 / HGP PTPN VIII Batulawang
    b. 147 m2 / Pemerintah
    b.Luas Bangunan : 1314 m2
    c. SK/ Izin Pendirian Sekolah (No. / Tgl.) : 23/YPLP-PGRI/Rpt/1985   /   27 September 1985